Hari Bumi Untuk Semua

Setiap tanggal 22 April merupakan hari di mana para umat manusia yang tinggal di bumi memberikan apresiasi kita terhadap bumi yang menandai hari jadi lahirnya sebuah perubahan pergerakan kepedulian terhadap lingkungan tahun 1970-an. Tujuan Hari bumi ini dimaksudkan agar para penduduk bumi dapat meningkatkan kesadaran dan sebagai moment di mana umat manusia di bumi memikirkan bagaimana nasib bumi kelak. Bukan hanya sebagai ajang berfikir tapi juga berfikir dan bagaimana bertindak dan dijadikan sebuah komitmen untuk menjadikan kehidupan ke arah yang lebih baik karena itu diperlukan langkah nyata yang dilakukan oleh kita semua dalam menjaga lingkungan bumi kita ini.

Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, peradaban manusia semakin berkembang seperti halnya dengan pendidikan, pengetahuan, teknologi serta perindustrian, hal ini berjalan berdampingan dengan kemampuan manusia yang semakin berkembang dalam segala bidang kehidupannya. Akan tetapi, ada hal yang disayangkan yaitu tidak semua perkembangan kehidupan di bumi berefek positif tetapi juga menimbulkan efek yang negatif terhadap bumi. Efek negatif memberikan dampak yang buruk pula bagi bumi kita ini, maka efek negatif ini yang harus kita perkecil sehingga tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan di bumi ini.

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari efek negatif yaitu terjadinya global warming (pemanasan global).Di mana lapisan ozon (O3) yang mengakibatkan suhu bumi menjadi semakin panas dan perubahan iklim yang sangat ekstrim sehingga bongkahan – bongkahan es yang berada di Kutub Utara perlahan – lahan mencair dan ini menjadi ancaman besar bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Maka dari itu, hari bumi ini merupakan moment untuk mengingatkan kita bahwa apa yang harus kita perbuat untuk bumi kita ini.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk tetap menjaga lingkungan di bumi kita ini, beberapa cara yang dapat kita lakukan seperti menanam tanaman, hemat air, hemat listrik, tidak membuang sampah di sembarang tempat, penggunaan kendaraan bermotor jangan terlalu sering, melakukan uji emisi gas, pembuangan limbah produksi tidak sembarangan, dan yang paling penting yaitu hentikan pembalakan hutan dengan membabi buta dan banyak hal lain lagi yang dapat kita lakukan demi kelestarian bumi kita ini.

Mencintai bumi harus dimulai dari diri sendiri dan kita harus saling mengingatkan antar sesama manusia. Jadi dengan adanya Hari Bumi ini mengingatkan kita nagaimana kita  harus “santun” terhadap alam, kita harus bisa membaca dan memahami isyarat – isyarat dari dampak yang ditimbulkan. Pemanasan global dan perubahan iklim adalah salah satu isyarat bagi manusia agar kita menghargai alam, merawat bumi dengan cara memberi yang terbaik pada bumi merupakan salah satu contohnya demi kelangsungan bumi kita ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: